Jaaaaaadiiii diriku yang hina ini beberapa minggu lalu mendengarkan cerita  teman hina lainnya tentang keluhan doi terkait uangnya di rekening yang terdebet tapi duit fisiknya tidak keluar dari mesin ATM. Dia ini ini pakai rekening BR* dan penyelesaiannya dia telpon ibunya (pengirim uang)  dan akhirnya ibunya yang menyelesaikan ini persoalan dengan menghubungi bank terkait.

Beberapa minggu setelahnya, tepatnya pada tanggal 13 April 2019 berkisar jam 08.30 aku ke ATM BNI untuk melakukan penarikan tunai. Setelah kartu dimasukkan dan memasukkan jumlah nominal uang yang akan diambil… “lah kok ga keluar keluar ya, mesinnya berisik terus kayak lagi ngitung uang ga selese selese”, begitu kiranya suara di kepala ini saat itu. Setelah menunggu beberapa menit uang tidak keluar juga, akhirnya daku menyerah dan memutuskan menghubungi BNI Call 1500046 yang nomornya tertera di atas mesin ATM. Tapi setelah coba di telpon, otak yang lemot ini malah bingung sendiri harus mencet nomor berapa. Jadi ada beberapa nomor yang perlu di input untuk jenis layanan yang lebih spesifik (untuk bicara dengan customer service tekan 2, untuk bla bla bla tekan 1, untuk bla bla bla tekan 3, kek begitulah pokoknya). Akhirnya, ku putuskan mengirim pesan via DM instagram ke akun BNI (@bni46), membuat laporan di laman resmi BNI, dan juga mengirim email ke bnicall@bni.co.id.

Pesan via DM instagram dikirim hari itu juga yaitu hari sabtu pukul 08.56 yang mengatakan bahwasanya aku telah melakukan tarik tunai namun tidak keluar dan bingung saat menghubungi BNI Call. Esok harinya, minggu pukul 14.50 pesan tersebut menerima balasan dan meminta beberapa informasi yaitu nama lengkap, nomor rekening, tanggal transaksi, nominal, ATM BNI/ Non BNI dan detail permasalahan. 1 jam 2 menit kemudian aku melengkapi informasi yang dibutuhkan. Senin 17.55 mendapatkan balasan lagi yang mengatakan bahwa laporan yang aku buat udah diteruskan ke unit terkait dengan masa penyelesaian maksimal 14 hari kerja.

Aku juga mengirimkan laporan via email pada pukul 21.04. Hal ini, pada awalnya, aku lakukan untuk mengantisipasi jikalau laporan melalui IG akan lambat diterima mengingat instagram bukanlah media yang khusus untuk menerima pengaduan. Setelah mengirim pesan tersebut, beberapa menit kemudian mendapatkan balasan yang mengatakan bahwa email telah diterima dan akan ditindaklanjuti.

Selain melalui IG dan email, aku juga melakukan pelaporan melalui laman resmi bni.co.id di bagian menu KONTAK kemudian ke HUBUNGI KAMI.

Senin pagi hari, sebelum mendapatkan konfirmasi bahwa laporan akoeh sudah dibuatkan pengaduan  dengan nomor laporan 1-187023**** melalui instagram, aku juga menyambangi bank BNI cabang terdekat.  Bertemu dengan CS dan dibuatkan surat pengaduan untuk ditindak lanjut dengan proses paling lambat 7 hari uang akan kembali ke rekening dan maksimal 14 hari. Apabila 14 hari uang tidak balik juga, maka harus datang kesana lagi dengan membawa surat bukti pengaduan yang dikasih CS.

Pada hari ini, tepatnya Kamis tanggal 18 April 2019, iseng-iseng berhadiah aja sih ngecek ke ATM. Setelah di cek ternyata saldonya udah kembali seperti semula sodara-sodara uang saya sudah kembali. Gak nyangka aja sih secepat itu karena expect nya bakal lama prosesnya. Itu sih bagusnya tetap berpikir positif tapi tetap siap dengan worst condition (lebay kan).

Nah, begitulah ceritanya. Jadi kalau sesuatu itu terjadi kuncinya jangan panik biar bisa tetep mikir harus melakukan apa ya khaaan. Siiiiiiiiiip.

Leave a comment